Selasa, Juli 07, 2009

Kamus Bola Basket

Assist merupakan penghargaan bagi pemain yang melakukan pass ke rekan timnya sedemikian rupa sehingga rekan timnya tersebut bisa mencetak angka.

Block terjadi ketika defender (pemain bertahan) secara legal menghalau sebuah shot yang dilakukan oleh pemain lawan. Defender tidak boleh melakukan kontak badan dengan tangan shooter karena akan mengakibatkan foul (pelanggaran). Supaya legal, block harus dilakukan ketika arah bola naik ke atas, bukan sedang turun menuju ring (disebut pelanggaran goaltending).

Carrying adalah salah satu jenis pelanggaran dalam permainan bola basket. Pelanggaran tersebut terjadi ketika pemain yang sedang dribble menahan bola dengan dua tangan secara bersamaan atau memutar bola menggunakan tangan. Carrying mirip dengan pelanggaran double, karena pemain seperti berhenti dribble kemudian kembali melakukan dribble. Jika pemain dribble bola sambil bergerak, maka carrying sama dengan pelanggaran traveling. Pemain dapat menghindari pelanggaran ini dengan tetap menjaga supaya telapak tangan yang digunakan untuk dribble terus menghadap ke lantai.

Crossover adalah sebuah manuver gerakan dalam bola basket. Definisi umum dari crossover adalah pergerakan berubah arah. Variasi tentang bagaimana melakukannya dapat berbeda-beda, bisa melibatkan gerakan fake (tipuan) sebelum berubah arah atau kecepatan. Gerakan dasarnya meliputi pemindahan dribble bola dari tangan kanan ke tangan kiri, atau sebaliknya.

Double-dribble adalah istilah pelanggaran yang terjadi karena pemain yang sedang dribble dengan jelas menahan bola dengan satu atau dua tangan (baik ketika diam di tempat atau sedang bergerak), dan kemudian melakukan dribble lagi. Sekali seorang pemain berhenti dribble bola, maka pemain tersebut tidak boleh melakukan dribble lagi sampai pemain lain menyentuh bola, atau setelah shot.

Fastbreak adalah strategi offense (menyerang). Dalam fastbreak, suatu tim berusaha melakukan serangan dengan cepat, sehingga pemain lawan tidak mempunyai cukup waktu untuk membentuk strategi defense mereka.

Field-goal adalah istilah umum di mana angka dicetak dalam permainan, termasuk ketika free-throw maupun three-point.

Free-throw adalah usaha mencetak angka dari area yang telah ditentukan (garis free-throw) yang dilakukan tanpa hadangan pemain lawan.

Jump-ball adalah metode yang digunakan untuk memulai permainan bola basket. Dua pemain saling berhadapan untuk mendapatkan penguasaan bola setelah bola dilempar ke atas di antara dua pemain tersebut oleh wasit.

Jump-shot adalah usaha mencetak angka dengan cara melompat, dan kemudian melakukan shot saat berada pada puncak lompatan.

Lay-up adalah usaha mencetak angka dengan melompat menggunakan salah satu kaki setelah sebelumnya dribble bola menggunakan ritme dua hitungan, 'menempatkan' bola dekat dengan ring basket, dan menggunakan salah satu tangan untuk melepaskan bola di atas ring basket atau memantulkan bola pada papan terlebih dahulu.

Man-to-man adalah jenis taktik defense di mana masing-masing pemain bertugas menjaga dan mengikuti pergerakan seorang offender (pemain offense). Defense ini adalah satu-satunya jenis defense yang diperbolehkan dalam mini-basketball.

Personal foul adalah salah satu peraturan berkaitan tentang kontak fisik yang ilegal. Pelanggaran ini sangat sering terjadi dalam permainan bola basket. Kontak fisik yang sangat berlebihan atau sangat berbahaya diklasifikasikan dalam pelanggaran unsportmanlike foul.

Rebound adalah aksi yang dilakukan untuk mendapatkan penguasaan bola setelah terjadi usaha field goal atau free-throw yang gagal. Rebound merupakan bagian penting dalam permainan, karena sebagian besar penguasaan bola terjadi setelah usaha shot yang gagal. Rebound dibagi menjadi dua kategori, offensive rebound, di mana bola dikuasai kembali oleh offender dan tidak terjadi perubahan penguasaan bola, dan defensive rebound, di mana defender berhasil mendapatkan penguasaan bola.

Travelling, adalah pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain yang sedang menguasai bola menggerakkan kakinya tanpa melakukan dribble terlebih dahulu, atau ketika pemain yang telah berhenti melakukan dribble mengangkat kakinya. Pada umumnya, tumit kaki boleh diangkat asalkan ujung kaki tetap di lantai.

Turnover terjadi ketika pemain dari salah satu tim kehilangan penguasaan bola. Hal ini bisa terjadi karena steal, membuat kesalahan seperti membuang bola keluar lapangan, dan melakukan pelanggaran (seperti travelling atau offensive foul) .


=================Bola Basket Tulungagung===================
I just love the game of basketball so much, just play, have fun, and enjoy the game

Tidak ada komentar:

Posting Komentar